Sunday 5 January 2014

Mimisan Pada Anak, Berbahayakah?

Mimisan Pada Anak, berbahayakah?

Mimisan sering terjadi pada anak-anak. Berbahayakah mimisan pada anak? Anak-anak rentan terhadap segala macam pernyakit karena tingginya tingkat aktivitas atau sensitivitas mereka terhadap lingkungan, itu adalah normal bagi mereka untuk mengalami mimisan. Bagian depan hidung mengandung banyak pembuluh darah rapuh yang mudah rusak. Sebagian besar mimisan pada anak-anak terjadi di bagian depan hidung dekat dengan lubang hidung. Mimisan dapat menjadi kejadian yang menakutkan, tapii biasanya tidak berbahaya. Istilah medis untuk mimisan adalah epitaksis. Mereka cukup umum terjadi pada anak-anak, terutama di daerah beriklim kering atau selama bulan-bulan musim dingin ketika panas kering di dalam rumah dapat menyebabkan pengeringan di dalam hidung.

Penyebab mimisan pada anak antara lain seringnya mengupil, kondisi cuaca panas dan dingin, pilek, alergi, dan luka pada hidung. Tapi orangtua tidak perlu khawatir berlebihan ketika mimisan terjadi pada anaknya. Namun, tanda-tanda tertentu harus tetap menjadi perhatian.


Tanda-tanda ini termasuk pendarahan tanpa henti dan berat, kesulitan bernapas atau adanya benda asing apapun di daerah hidung. Orangtua pun harus tahu tentang bagaimana cara menghentikan mimisan dan berbahayakah mimisan pada anak?

Bagaimana cara mengatasi mimisan pada anak?
Untuk menghentikan mimisan, dudukan anak di suatu tempat yang mana mereka merasa nyaman. Jepit bagian hidung yang lunak dengan ibu jadi dan telunjuk (ini mungkin tidak nyaman bagi anak tapi harus dilakukan dan jangn berhenti) dengan posisi wajah menghadap ke depan, tidak menunduk. Lakukan selama 10 menit tanpa mengintip. Jika Anda mengintip, setiap kali Anda membuka jepitan untuk melihat apakah pendarahan sudah berhenti berarti Anda melepaskan tekanan pada pembuluh darah dan dapat menyebabkan pendarahan yang lebih banyak.

Setelah 10 menit, lepaskan tekanan secara lembut. Jika masih berdarah, ulangi prosesnya selama 10 menit lagi. Sebagian besar mimisan akan berhenti atau setidaknya hampir berhenti dalam waktu ini. Namun jika setelah 20 menit anak Anda masih berdarah, ini menandakan bahwa mimisan tersebut membutuhkan perhatian medis lebih lanjut.

 Jika Anda masih bertanya-tanya tentang berbahayakah mimisan pada anak? Lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter anak agar Anda yakin tentang hal ini.

No comments:

Post a Comment