Monday 17 June 2013

Memilih nama bayi

Tips Cara Memilih Nama Bayi

Ketika mengadung, biasanya orang tua sudah memikirkan sebuah nama untuk sang bayi. Memilih nama bayi merupakan hal yang gampang-gampang susah. Biasanya orang tua menginginkan nama yang terdengar keren atau tak biasa untuk anak mereka, namun pada akhirnya tak jarang berakhir dengan nama yang aneh.
 
Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan nama untuk bayi Anda, seperti dilansir oleh WebMD (29/11).

1. Hati-hati dengan nama populer
Setiap orang tua tentunya ingin memberi nama bayi merkeka dengan nama yang trendi dan belum digunakan untuk anak mereka. Beberapa nama populer yang biasanya dipilih orang tua antara lain:
- Nama kota
- Nama belakang untuk nama depan
- Nama yang terdengar 'antik'
- Nama yang berasal dari alam, misalkan: Bumi, Mega, Mentari, dan lainnya.


2. Terlalu terobsesi dengan pilihan nama
Saat ini orang tua semakin sadar arti penting nama. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nama-nama tertentu memberikan kesan yang bagus. Namun tentu saja Anda tak perlu terlalu terobsesi untuk menemukan nama sempurna berdasarkan penelitian, bukan?


3. Manfaatkan setiap inspirasi
Siapa bilang inspirasi tentang nama bayi harus selalu datang dari buku kumpulan nama bayi? Inspirasi tentang nama bisa didapatkan dari manapun, mulai dari kumpulan CS favorit, hingga nama kakek buyut di pohon keluarga.

Nama juga bisa menjadi sebuah hal yang akan Anda kenang ketika mengandung si buah hati. Misalkan ketika mengandung Anda sering makan di tempat tertentu, Anda bisa mengambil inspirasi nama dari tempat tersebut untuk selalu mengenang kebiasaan Anda saat hamil. Dengan begitu, nama anak memiliki sejarah unik yang bisa Anda kenang.

4. Ketika pasangan tak sepakat
Tak semua pasangan kemudian sepakat dengan nama yang dipilih untuk anak mereka. Calon ayah dan ibu bisa saja bertengkar untuk memilih nama anak mereka. Jika ini terjadi, ada baiknya pasangan membuat daftar nama yang disetujui. Tak ada salahnya juga menunggu hingga bayi lahir untuk melihat nama apa yang cocok untuk mereka.

Nama bayi bisa menanamkan perasaan mengenai etnis, cerminan diri, dan identitas gender. Yang terpenting adalah menghargai perasaan satu sama lain dan memilih nama yang sesuai untuk pasangan.

Berikut tips mudah untuk menentukan nama untuk bayi Anda:
 
1. Bagi daftar nama yang sudah Anda pilih dengan orang lain, misalkan orang tua atau teman dengan selera yang bisa Anda percaya. Jika orang-orang dalam keluarga atau teman Anda tak menyukainya, lebih baik lewatkan.


2. Berpikir seperti penduduk lokal. Memberi nama adalah urusan lokal. Pilih nama yang sesuai dengan tempatnya tinggal. Bukan nama pasaran, namun tetap bisa diterima oleh lingkungannya.

3. Gunakan ejaan yang mudah dan jelas. Jangan terpancing dengan ejaan yang sedang populer. Kebanyakan orang memakai nama yang biasa namun dengan ejaan berbeda. Masalahnya, nama seringkali akan diucapkan, bukan dieja.

4. Sesuaikan dengan jenis kelamin.

5.  Memiliki arti positif

*semoga bermanfaat

simak cara cerdas memilih nama untuk anak berikut ini: 1. Jelas untuk jenis kelaminnya Nama-nama tertentu terkadang bisa digunakan untuk jenis kelamin cewek dan cowok. Namun alangkah baiknya memberikan nama yang sudah jelas untuk jenis kelamin si anak. Misalnya, nama internasional Courtney sebenarnya lebih sering digunakan untuk cewek. Tapi terkadang orangtua memberikan nama tersebut untuk anaknya yang berjenis kelamin laki-laki. 2. Jangan terpengaruh dengan nama-nama orang keren Memberikan nama anak mirip dengan orang-orang keren atau artis sebaiknya jangan dilakukan. Terkadang kelakuan orang terkenal itu juga negatif, seperti mabuk-mabukan atau bersikap kasar. Tak ingin kan si anak memiliki sifat dan sikap sepertinya? 3. Buat nama yang sederhana nama bayi Untuk memilihkan nama si anak, sebaiknya jangan yang terlalu panjang hingga 4 atau 5 kata. Bayangkan jika si anak harus menulis nama lengkapnya di dalam sebuah formulir atau kertas ujian. Hal tersebut tentunya akan menghabiskan waktunya saja. Untuk itu, pilihlah nama untuk si anak yang sederhana saja. 4. Memiliki ejaan yang jelas Banyak orangtua yang membuat nama anaknya dengan ejaan yang dibuat-buat sendiri agar terkesan berbeda. Misalnya, nama Selomita menjadi Shellomitha. Nama yang memiliki ejaan yang cukup rumit itu nantinya akan membuat si anak selalu mengoreksi kesalahan namanya yang ditulis oleh orang lain. 5. Indah dan serasi Nama untuk si anak harus terdengar indah jika disucapkan oleh orang lain. Usahakan untuk mencari kecocokkan dengan nama terakhir keluarga atau antar kata terdengar indah jika digabungkan dalam sebuah nama. Jika ingin memberikan nama yang unik, maka pastikan nama itu tak sulit untuk diucapkan. 6. Perhatikan inisial dan nama panggilannya Usahakan menghindari nama yang bisa memicu julukan-julukan tertentu sehingga bisa memalukan anak. Selain itu, carilah nama yang unik dan nama panggilan yang mudah diingat dan diucapkan. 7. Memiliki arti positif Nama terkadang bisa mempengaruhi kehidupan si anak nantinya. Untuk itu, berikan nama yang mengandung makna positif serta hindari nama-nama yang memiliki arti buruk. Ingatlah bahwa bama akan dibawa si anak sepanjang hidupnya.

Read more at: http://ciricara.com/2013/04/04/ciricara-cara-cerdas-memilih-nama-untuk-anak/
Copyright © CiriCara.com

1. Jelas untuk jenis kelaminnya Nama-nama tertentu terkadang bisa digunakan untuk jenis kelamin cewek dan cowok. Namun alangkah baiknya memberikan nama yang sudah jelas untuk jenis kelamin si anak. Misalnya, nama internasional Courtney sebenarnya lebih sering digunakan untuk cewek. Tapi terkadang orangtua memberikan nama tersebut untuk anaknya yang berjenis kelamin laki-laki. 2. Jangan terpengaruh dengan nama-nama orang keren Memberikan nama anak mirip dengan orang-orang keren atau artis sebaiknya jangan dilakukan. Terkadang kelakuan orang terkenal itu juga negatif, seperti mabuk-mabukan atau bersikap kasar. Tak ingin kan si anak memiliki sifat dan sikap sepertinya?

Read more at: http://ciricara.com/2013/04/04/ciricara-cara-cerdas-memilih-nama-untuk-anak/
Copyright © CiriCara.com


No comments:

Post a Comment