Thursday 21 February 2013

Musik untuk Bayi


Manfaat dan cara mendengarkan musik pada bayi
Musik dipercaya memiliki banyak manfaat positif bagi bayi. Bayi yang mendengarkan musik tumbuh menjadi anak lebih tenang. Selain itu, bayi yang mendengarkan musik akan memiliki pencernaan lebih baik dibandingkan bayi yang tak pernah terekspos musik.
 
Manfaat musik bagi anak memang sudah dirasakan sejak anak masih dalam kandungan. Ketika janin diperdengarkan alunan musik janin menunjukkan reaksi tertentu. Ibu hamil akan merasakan gerakan janinnya semakin aktif atau justru menjadi lebih rileks.

Kebiasaan memperdengarkan music pada masa kehamilan sebaiknya jangan berhenti ketika sang bayi lahir.
Menurut hasil penelitian psikolog Fran Rauscher dan Gordon Shaw dari University of California-Irvine, Amerika Serikat, memang ada kaitan erat antara kemahiran bermusik dengan penguasaan level matematika yang tinggi, serta keterampilan di bidang sains, ketika anak sudah bersekolah. Selain itu, anak yang mendapat pendidikan music,  inteligensi spasialnya (kecerdasan ruang) akan meningkat 46% dibanding anak-anak yang tidak terekspos musik.

Permainan yang mengandung musik akan membuat anak cepat meningkat keterampilan berbahasanya dan cepat bertambah kosa katanya. Kelak ia akan tumbuh menjadi anak yang mampu mengorganisasi ide dan memecahkan masalah.

Ada dua cara untuk mendengarkan musik untuk janin ini.

Pertama: dengarkan musik seperti Ibu mendengarkan musik, yaitu di telinga ibu. Luangkan waktu kurang lebih 30 menit sehari dan pilihlah waktu yang tidak mengganggu aktivitasnya, misalnya sore atau malam hari.
Kedua: tempelkan ke perut, putar musik untuk bayi dengan volume yang sedang. Ketika Ibu sudah bisa merasakan rileks, berarti efek musik ini bekerja untuk ibu dan janin. Jangan sampai tertidur ketika mendengarkan musik ini, karena diperlukan emosi ketika mendengarkan agar ada koneksi yang kuat antara Ibu dan janin.
Jadi, tunggu apalagi? Mari biasakan bayi mendengar musik mengalun di rumah. Ajaklah ia bersenandung dan membuat gerakan tangan dan kaki seiring bunyi musik yang didengarnya.

No comments:

Post a Comment