Sunday 27 November 2011

Games Anak Bayi

Pengaruh games terhadap perkembangan anak

Bermain games bagi sebagian anak memang sangat mengasyikan bahkan membuat sebagian dari mereka menjadi kecanduan. Bermain games pada anak diperlukan namun harus diingat juga pengaruhnya terhadap perkembangan anak. Tidak semua games berpengaruh negatif, ada sisi negatif dan sisi positifnya. Untuk menghindari anak terpengaruh negatif dari bermain games hendaknya butuh pendampingan dan bimbingan agar anak tidak sampai kecanduan. 

Kecanduan anak terhadap games akan berpegangaruh terhadap psikologi anak, antara lain games bisa menimbulkan:

  • Masalah perilaku: anak jadi kurang bersosialisasi karena banyak menghabiskan waktu untuk bermain games, banyaknya adegan kekerasan di games juga berpengaruh ke perkembangan anak.
  • Masalah kesehatan anak: Jika anak terlalu lama bermain games tentu dia akan kurang gerak bisa menyebabkan sakit kepala karena menatap layar video games terus menerus, cepat merusak mata dll.
Namun tidak semua games anak berpengaruh buruk terhadap perkembangan anak, ada banyak games anak yang bisa buat media belajar mereka.

Berikut tips memilih games anak yang baik:
  • Pilih games yang sesuai dengan kemampuan anak, tahapan perkembangan anak dan memiliki level sehigga anak bisa menguasai permainan secara bertahap dari mudah hingga sulit.
  • Cari games yang anak bisa bereksplorasi dengan games misalnya games yang memungkinkan penggunakan memilih karakternya sendiri.
  • Cari games anak yang multiuser atau bisa dimainkan oleh beberapa orang. Supaya dengan begitu kita sebagai orang tua bisa mengarahkan dan membimbing anak bahwa dia belajar apa saja dari games tersebut.
  • Cari games yang tidak menampilkan kekerasan.
Dengan memilih games secara tepat, diharapkan perkembangan anak tetap baik dan sesuai yang kita harapakan.

No comments:

Post a Comment