Sunday 11 December 2011

Bayi 8 Bulan



Bayi 8 bulan sudah mulai memiliki aktivitas yang banyak. Bayi usia 8 bulan sudah dapat mengendalikan berbagai objek dan kemampuan jarinya semakin membaik.

Bayi 8 bulan akan menggunakan jari jemarinya untuk menyelidiki berbagai benda atau menekan-nekan bagian tertentu pada mainannya.

Sebagian bayi sudah mulai menunjuk ke arah benda-benda. Mereka menggunakan jari-jari mereka untuk berkomunikasi dengan Anda dan menanyakan perihal benda-benda tersebut.

Selain itu di usianya 8 bulan, bayi mungkin mulai mencoba untuk berdiri sendiri, dengan cara berpegangan ke meja atau kursi lalu mengangkat badannya.

Kemampuan ini tidak hanya memerlukan kaki yang kuat, tetapi bayi Anda juga harus mampu menemukan cara untuk membengkokkan lututnya.

Bayi 8 bulan dapat duduk dengan baik tanpa perlu disokong jika dia tidak bergerak. Mungkin badannya akan bergoyang ke hadapan atau ke belakang.

Bayi usia ini juga mulai mengenali namanya sendiri apabila dipanggil. Pandai membuat pelbagai jenis bunyi untuk menarik perhatian.

Kemahiran Bertutur
sudah semakin baik. Bayi 8 bulan akan bermain dengan bibirnya dengan menyebut perkataan yang mudah berulang kali seperti abababa. Belajar untuk menarik perhatian orang ramai. Berminat dalam perbualan orang dewasa.

Berikut perkembangan emosional yang mungkin Anda temui pada bayi 8 bulan:

  • mulai mengenal perbedaan antara wajah ceria dengan wajah sedih
  • mulai mengenal perbedaan suara ramah dengan suara kesal
  • lebih waspada dan hati-hati, karena ingatannya berkaitan dengan tempat/kejadian semakin kuat
  • mulai memahami berbagai hukum sebab akibat

No comments:

Post a Comment